Vazlen Blog
Just another WordPress.com weblog

perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi sekarang ini bagaikan air sungai yang terus mengalir, tak kan pernah habis, dan tak bisa dibendung. Selama kebutuhan manusia akan sesuatu tidak pernah berhenti, maka ilmu teknologi juga tidak akan berhenti berinovasi.

Kemajuan teknologi dapat dilihat sejak tahun 1600, dimana mulai ditemukannya koran dan kompas magnetik, lalu tidak beberapa lama kemudian ditemukan pula mesin uap dan bola lampu. Revolusi industri juga bisa dikatakan sebagai awal bermunculannya penemuan- penemuan baru dibidang teknologi. Perkembangan teknologi tentu saja berpengaruh kepada kehidupan masyarakat, contohnya pada tahun 1960, ketika ditemukan snowmobile yang langsung mendobrak pemikiran masyarakat pada saat itu. Wedgwood Been pun memperlihatkan perkembangan teknologi, dengan grafik bagaimana komputer, transportasi, komunikasi, terus berkembang.

Dalam memandang perkembangan teknologi dapat dilihat dari dua cara pandang, secara linear dan secara konteks inovasi. Cara pandang linear melihat kemajuan teknologi berdasarkan data grafik dan secara teknis, ini mengarah kepada technological determinism, cara pandang seperti ini bisa dibilang memiliki kelemahan, karena hanya memandang keadaan dari satu sudut pandang saja yaitu berdasarkan angka- angka, sedangkan pertimbangan lain yang bersifat kualitatif tidak diperhitungkan. Sebaliknya melalui cara pandang konteks inovasi berpendapat pola baru dalam organisasi telah terlebih dulu hadir sebelum inovasi dalam bidang teknologi bermunculan. Contohnya telah ada inovasi dalam perbahan dalam organisasi kerja, contohnya perubahan jam kerja dan pembagian kerka sesuai dengan spesialisasi para pekerja. Donald Cardwell menyatakan bahwa ukuran perkembangan didasari bukan oleh insinyur paling brilian, melainkan oleh individu- individu dengan kapasitas rata- rata yang berusaha untuk menguasai dan menggunakan perkembangan teknologi secara efektif. Dari pendapat ini, sebenarnya perlu kita sadari bersama, peningkatan dalam teknologi sekarang ini kadang hanya ditinjau dari segi mesinnya atau hasil dari teknologi itu, bukan dari bagaimana masyarakat mampu memanfaatkan mesin- mesin berteknologi tinggi itu dengan seefektif mungkin. Sehingga akan sia- sia bila banyak alat- alat canggih tapi penggunaannya tidak maksimal. Contohnya penggunaan Blackberry yang hanya digunakan untuk telfon, sms, atau fungsi telfon pada umumnya. Sedangakan manfaat lainnya tidak digunakan. Oleh karena itu progress teknologi sebaiknya juga diimbangi dengan peningkatan pengorganisasian pekerjanya atau masyarakat setempat. Karena bila tidak, pada dunia kerja misalnya, kedudukan manusia akan digantikan oleh mesin- mesin yang sangat canggih. Kebutuhan akan tenaga kerja semakin berkurang. Maka sebaiknya kita tidak hanya mengharapkan kemajuan teknologi yang terus berlangsung dengan lancar, tapi juga mengevaluasi diri kita sendiri untuk mengumpulkan hal- hal yang mendukung peningkatan teknologi agar nantinya tercipta kemajuan teknologi yang lebih matang lagi.

Berbicara masalah teknologi, ada yang mengatakan bahwa barang teknologi bersifat netral tapi ada juga yang tidak. Hal ini bisa kita lihat dari dua hal, bila berbicara mengenai prinsip mesin alat teknologi tersebut ataupun bagaimana kerjanya, maka teknologi itu dikatakan bersifat netral. Namun, bila alat teknologi digunakan oleh masyarakat tertentu dengan menyesuaikan dengan budaya setempat maka teknologi tersebut tidak lagi menjadi netral karena telah menggunakan nilai- nilai yang tidak objektif. Tentunya akan sangat sulit melepaskan suatu teknologi dengan budaya setempat, karena budaya akan sangat mempengaruhi teknologi yang dibuat, baik dari segi kabiasaan masayrakat setempat, selera pasar terkait, dan kebutuhan yang ada. Dalam teknologi terdapat tiga aspek yang sangat mempengaruhi, yaitu aspek kultural mencakup kepercayaan yang dianut, kreatifitas, serta nilai- nilai budaya masyarakat sekitar, aspek organisasional, yang didalamnya terdapat taraf ekonomi, perilaku pasar, perserikatan dagang, dan aspek yang terakhir adalah aspek tekhnikal termasuk sumber daya yang dimiliki, pengetahuan dan kemampuan yang ada, alat, dan mesin yang tersedia.

Teknologi sendiri terbagi sebenarnya ada yang termasuk benar- benar teknologi dan teknologi yang disebut halfway technology. Halfway technology adalah bentuk teknologi yang merupakan hasil dari mencoba menangani masalah yang hanya setengah dimengerti atau usaha untuk mengatasi masalah dengan sumber pengetahuan yang belum sempurna. Teknologi yang hanya setengah- setengah ini tentu belum bisa memberikan manfaat yang berarti untuk masyarakat, namun dari halfway technology ini bisa dijadikan rujukan untuk menemukan teknologi yang lebih sempurna lagi. Conthnya, di bidang kedokteran transpalasi organ dan perawatan kanker dengan radiasi termasuk teknologi yang setengah jalan (halfway teknology). Perawatan imunisasi, dan penemuan antibiotik yang terbukti ampuh untuk mencegah penyakit- penyakit tertentu dan telah terbukti melalui beberbagai penelitian, sehingga disebut teknologi sempurna. Thomas memamdang teknologi setengah jalan ini sebagai yang sangat canggih tapi juga sangat primitif pada dasarnya.

Sering kali upaya untuk terus mengembangkan teknologi diikuti pula dengan prediksi yang berlebihan, contohnya saat suatu pabrik merencanakan pembuatan suatu alat teknologi untuk menanggulangi kekeringan di suatu desa, alat tekhnologi yang digunakan dibuat dengan kapasitas yang melebihi kebutuhan air desa tersebut. Perang antara Blok Barat dan Blok Timur yang sangat denomenal pada saat itu, dikabarkan menggunakan senjata nuklir sebagai salah satu kekuatan mereka. Pengunaan senjata ini, yang sebenarnya adalah seatu bentuk dari kemajuan teknologi, dikhawatirkan oleh berbagai kalangan karena diprediksi akan berbahaya bagi kehidupan orang banyak. Sehingga dapat disimpulkan, diperlukan suatu pendekan baru yang berguna untuk mengontrol teknologi yang berkembang agar tidak berbahaya bagi kehidupan.

Jadi perkembangan teknologi yang tebaik adalah dengan menggabungkan antara berebagai elemen yang terkait, baik dari budaya, organisasi, dan elemen teknis sehingga teknologi yang terus berkembang akan mampu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kehdupan yang lebih baik lagi.

Advertisements

No Responses to “perkembangan teknologi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: