Vazlen Blog
Just another WordPress.com weblog

Kemerdekaan Olahraga Indonesia

Kemerdekaan Olahraga Indonesia

Negara Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya kehadapan dunia. Sudah sejak lama para putera – puteri bangsa berusaha untuk mempertahankan kemerdekaan ini dengan keringat dan darah. Sejak awal masa kemerdekaannya, Indonesia selalu mendapat tantangan dai luar maupun dalam. Dahulu saat pemerintahan orde lama, konsentrasi negara ini adalah untuk mempertahankan kemerdekaan. Kala itu banyak sekali goncangan perpecahan bangsa yang dipicu oleh bangsa lain maupun bangsa sendiri. Disaat negeri ini berada dalam orde baru, rakyat negeri ini di doktrin untuk memikirkan tentang bagaimana mengisi kemerdekaan ini. Tak pelak, saat pemerintahan orde barupun negeri ini tak henti- hentinya mengalami cobaan yang diakibatkan oleh kedahsyatan seorang diktator. Namun jika kita perhatikan, kedua era pemerintahan Indonesia itu telah menyumbangkan prestasi- prestasi manis dalam dunia olahraga. Tak jarang Indonesia mampu merajai dunia bulutangkis kala itu. Lee Swee King adalah sebuah atlet Indonesia yang mampu berprestasi dalam keterpurukkan. Tak jarang pula, Indonesia mampu mencetak prestasi dengan mengecap beberapa kali juara SEA GAMES.
Prestasi – prestasi olahraga Indonesia di masa lampau telah mampu mengangkat sedkit demi sedikit derajat bangsa. Predikat Indonesia sebagai Macan Asia di era 90an pun pasti turut disumbangkan oleh prestasi- prestasi olahraga Indonesia.

Kini masyarakat Indonesia telah memilki kebebasan lebih dalam berkarya dan berinovasi. Hampir semua wilayah Indonesia kini telah dialiri listrik. Pembangunan sarana olahraga bertaraf internasionalsudah tersebar di Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan Riau. Kondisi ini semestinya mampu mendongkrak pretasi olahraga Indonesia di kancah dunia. Namun prestasi olahraga Indonesia cenderung berada dalam interval stgnan sampai penurunan. Pada SEA GAMES lalu Indonesia hanya berada di urutan kelima. Piala Thomas dan Uber kini telah berada di tangan Cina. Pada kejuaraan sepakbola Piala Asia Indonesia tak mampu lolos dari fase grup walau bertindak sebagai tuan rumah.

Sebuah pertanyaan besar akan penyebab kondisi keterpurukkan olahraga Indonesia layaknya terlontar dari benak pemuda – pemuda bangsa yang berniat untuk memajukan Indonesia. Karena salahsatu pencitraan sebuah negara kini tidak hanya dilihat dari kesejahteraan, pendidikan, ekonomi, dan kekuatan militer. Olahraga pun menjadi sebuah pencitraan manis tentang bagaimana masyarakat dunia memandang sebuah negara.

Advertisements

No Responses to “Kemerdekaan Olahraga Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: